top of page
Search
Writer's pictureGreat Koi Indonesia

Perkembangan Ikan Koi Indonesia dan Mancanegara

Siapa yang tidak mengenal ikan hias jenis koi ini, dikalangan pecinta dan penghobinya sendiri ikan koi bukan hanya melambangkan keberuntungan. Namun juga melambnagakan simbol cinta dan persahabatan. Tak khayal jika tali persaudaraan sesama penghobi ataupun pecintanya sangat erat dan terjalin sangat baik. Di-Indonesia sendiri, telah banyak bermunculan komunitas-komunitas pecinta ikan koi, salah satunya The Great Koi Indonesia.


Bersumber pada wikipedia indonesia, koi dalam bahasa jepang memiliki arti ikan karper atau ikan emas. Lebih spesifiknya berasal dari kata nishikigoi yang memiliki arti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Dijepang sendiri, ikan koi melambangkan arti cinta dan persahabatan, tergolong dari ikan mas (Cyprinus carpio) yang memiliki corak serta ornamen yang indah, serta karakternya yang jinak menjadikan koi sangat digemari oleh pecintanya.


Jenis ikan koi dibedakan dari corak warnanya, ukurannya, genetiknya, serta polanya. Pada umumnya, jenis gosanke adalah variety yang lebih familiar dikalangan penghobi. Memiliki corak merah, putih, dan hitam (sumi) yang dominan serta mudah dikenali. Gosanke meliputi ; Kohaku, Showa, dan Sanke. Ada pula yang berpendapat jika Gosanke meliputi Kohaku, Showa Sanshoku, serta Taisho Sanshoku. Pada dasarnya sama saja, hanya berbeda pada bagian pola suminya.


Seiring perkembangan zaman, ikan koi tumbuh begitu pesat. Baik dinegeri asalnya tau bahkan dinegara-negara lainnya termasuk Indonesia. di Indonesia sendiri koi dikembangkan oleh para peternak dan pembudidaya asal Blitar, Jawa Timur. Bukan hanya di Blitar saja, daerah-daerah lain juga mulai mengembangkan ikan jenis koi ini. Seperti Magelang, Lampung, Manado, Bandung, Bogor, hingga Papua. Ini menunjukkan, jika kehadiran ikan koi mulai diterima dikalangan masyarakat umum.


Dibanding dengan ikan hias jenis lainnya, koi masih tergolong ikan hias termahal saat ini. Dengan harga yang fantastis, tak jarang jika para pecintanya rela mengeluarkan kantong yang dalam demi memiliki ikan tersebut. Jepang masih menjadi negara penghasil ikan koi dengan kualitas terbaik di dunia. Dengan tingkat ekspor yang tinggi, negeri sakura masih menduduki klasemen atas dalam dunia perkoian.


Di pasar internasional sendiri, koi masih menjadi primadona, dimana jumlah ekspor ikan hias di Indonesia masih yang tertinggi di dunia, dengan nilai ekspor US$ 27, 61 juta pada 2017. Disamping itu pasar koi terbilang cukup stabil, kenaikan dan penurunan harganya bisa dikatakan normal meskipun permintaan terus mengalami kenaikan.

11 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page